4 Penyelamat Pebalap MotoGP Saat Melintas di Sirkuit - One99GARAGE

One99GARAGE

OLAHRAGA & OTOMOTIF

Breaking News

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday 8 April 2019

4 Penyelamat Pebalap MotoGP Saat Melintas di Sirkuit


One99GARAGE - Ajang balap MotoGP menjadi salah satu olahraga berbahaya di muka bumi. Para pebalap bertaruh nyawa untuk dapat melaju maksimal di atas tunggangannya.

Meskipun pebalap MotoGP sudah dilengkapi beragam perlindungan yang menempel di badan. Namun di dalam sirkuit sendiri ada fitur yang dapat menyelamatkan nyawa para pebalap, baik yang sifatnya reaktif maupun preventif.

Petugas Stewards pasti sudah sering terlihat di pinggiran sirkuit. Mengutip dari Box Repsol, Senin (8/04/2019), peran petugas berseragam orange ini cukup penting.
Pertama mengevaluasi setiap saat apakah trek dalam kondisi yang cocok untuk balap, bertugas memberikan sinyal kepada pebalap, dan terakhir menjadi orang yang pertama turun menolong pebalap jika terjadi insiden.

Namun tidak hanya Stewards, beberapa penyelamat tak bernyawa pun juga berada di dalam sirkuit


Airfence merupakan pagar pembatas yang berisi angin seperti balon udara, posisinya terletak di pinggiran sirkuit. Box Repsol mengatakan Penghalang ini tidak ditempatkan di semua titik, paling sering terlihat di daerah run-off yang ketat, di mana peluang kecelakaan dengan jarak lebih pendek dan langsung.

Airfence memiliki fungsi redam kejut bagi pebalap yang terlempar ke arahnya.


Perangkap Pozzolan adalah area besar yang ditutupi dengan kerikil yang cukup dalam untuk menghentikan pebalap yang keluar jalur tanpa melukainya.

Disebutkan Box Repsol bahwa biasanya fitur keamanan ini ditempatkan pada area run-off tikungan dengan karakteristik kecepatan tinggi. Pun demikian kerikil yang digunakan terbuat dari batu yang sangat kecil, sehingga tidak memiliki sifat abrasis yang kuat.


Pada beberapa belokan atau bagian tertentu, ada area run-off aspal sebelum perangkap pozzolan. Area ini cukup sempit dan warnanya berbeda memungkinkan pebalap yang sedikit keluar dari lintasan untuk kembali masuk ke dalam.


Kecelakaan menjadi risiko terbesar dalam ajang balap MotoGP, karena itu beberapa tim medis menonton trek lebih dekat dan bersiap bila terjadi kecelakaan.

Pertama, ada mobil medis yang mempu menjemput pebalap di trek. Jika perlu, helikopter medis akan bertindak untuk membawa orang yang terluka dengan aman, selain itu tidak jauh dari sirkuit terdapat klinik keliling untuk dapat melayani orang-orang yang ada di sirkuit.

Saat menggelar balapan, ada banyak komponen yang mudah terbakar di dalam sirkuit, beberapa alat pemadam kebakaran ditempatkan di sekitar trek untuk berjaga-jaga.


Sumber : oto.detik.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages