Harga Yamaha MT-15 Naik, Ini Sebabnya - One99GARAGE

One99GARAGE

OLAHRAGA & OTOMOTIF

Breaking News

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday 29 March 2019

Harga Yamaha MT-15 Naik, Ini Sebabnya

One99GARAGE - Pada awal Februari 2019 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bersama pembalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP merilis motor baru mereka, Yamaha MT-15. Kala itu, harga Yamaha MT-15 mencapai Rp34,95 juta (OTR Jakarta).

Namun, saat ini, harga Yamaha MT-15 di situs resmi PT YIMM telah naik sebesar Rp385 ribu menjadi Rp35,335 juta. Lantas apa yang membuat pabrikan berlogo garpu tala itu meningkatkan harga naked-bike tersebut?

"Untuk MT-15 memang ada penyesuaian harga saja karena menyesuaikan dengan perubahan harga BBN," terang Antonius Widiantoro, Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, ketika dihubungi via pesan singkat.

Mengutip dari Oto.com, belum banyak terlihat Yamaha MT-15 berseliweran di jalan. Bisa diasumsikan populasinya belum tumbuh. Konsumen butuh waktu untuk membeli sebuah produk kendaraan bermotor. Keputusan membeli tidaklah terbit dalam tempo yang singkat. Apalagi, MT-15 merupakan spesies baru. Ia bukanlah generasi kedua atau versi facelift dari model yang sudah ada sebelumnya. Murni model baru.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebut, pasar motor Indonesia secara total (domestik dan ekspor) sudah menyentuh angka 6,38 juta. Secara spesifik, di pasar domestik, Yamaha mengalami penurunan alokasi pasar (market share). Januari-Februari 2018 (year to date – YTD), Yamaha berhasil berkontribusi sebanyak 22,6 % (208 ribu) dari total penjualan 922 ribu unit.

Tahun ini (YTD 2019-Jan Feb), market share mereka turun menjadi 19,3 %. Padahal, pasar domestik sedang mengalami kenaikan 19,4 % menjadi 1,1 juta unit. Secara jumlah, sejatinya Yamaha mengalami kenaikan. YTD 2019, mereka sudah menjual 212 ribu unit dengan persentase tersebut. Tapi kenaikan Yamaha tidak seimbang dengan perkembangan pasar yang terjadi.

Langkah menaikkan harga di tengah perkembangan yang seperti ini, tentu tidak bijak. Apalagi jika berkaca trend motor sport terus menurun. Tahun ini, jenis sport hanya teralokasikan 6,4 %. Menaikkan harga di tengah respons pasar yang negatif tentu berisiko.

Yamaha MT-15 hadir sebagai pelengkap di lini sport naked bike Yamaha. Mereka sudah punya Byson, Xabre, Vixion hingga Vixion R di level naked 150 cc. Lebih luasnya, naked bike mereka ada pula MT-25, MT-09, WR250R hingga MT-09 tracer.

Konsep MT-Series, kental melekat pada naked bike teranyar yang baru naik harga ini. Paras unik disajikan dengan rumah lampu berbentuk wajah robot. Kaki-kakinya kekar berkat suspensi upside down di bagian depan serta banana arm di buritan. Rangka deltabox jadi penyusun utama sasisnya.

Mengenai dapur pacu, Yamaha MT-15 mendapat asupan tenaga sebesar 19 hp dengan torsi maksimum 14,7 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh mesin 1-silinder SOHC 155 cc liquid-cooled berteknologi VVA (Variable Valve Actuation).


Sumber :  Otosia


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages