Jagoan Anyar Ferrari, Hanya untuk 1 Orang - One99GARAGE

One99GARAGE

OLAHRAGA & OTOMOTIF

Breaking News

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday 29 March 2019

Jagoan Anyar Ferrari, Hanya untuk 1 Orang



One99GARAGE - Jika detikers punya uang berlimpah dan tergolong kolektor Ferrari pasti bisa meminta Ferrari membuatkan 1 unit mobil khusus. Ya Ferrari memproduksi Ferrari P80/C spesifik hanya untuk 1 kliennya.

Mobil itu dibuat oleh Ferrari Styling Centre, di bawah arahan Flavio Manzoni serta tim teknik dan aerodinamik. Mereka bekerja sama dengan klien, berbagi prinsip-prinsip dan visi, untuk menciptakan sebuah "Hero Car" terbaru dengan jiwa yang benar-benar unik dan otentik.
Proses pembuatan Ferrari P80/C Foto: Ferrari

Seperti biasa, Ferrari dalam siaran persnya tidak menyebutkan siapa klien yang dimaksud. Yang pasti dia adalah seseorang yang ahli di dalam dunia Ferrari, berasal dari keluarga penggemar dan pengagum Kuda Jingkrak sejak dulu, dan dia sendiri adalah seorang kolektor Ferrari yang cerdas dan berwawasan luas. 

Brief dasar dari klien adalah untuk menciptakan sebuah prototipe mobil sport modern yang terinspirasi dari model ikonik dalam sejarah Ferrari, seperti: 330 P3/P4 pada satu bagian dan Dino 206 S tahun 1966 di bagian lainnya. Pengerjaan mobil dimulai pada tahun 2015, sehingga proyek P80/C ini tercatat memiliki waktu pengerjaan terlama dari seluruh jenis produksi seri spesial edisi terbatas satu unit Ferrari lainnya. 

Mobil aslinya adalah sebuah 488 GT3. Sesuai dengan kerangka Ferrari klasik 488 dimana kokpit cenderung ditempatkan di tengah, kerangka GT juga memungkinkan para desainer untuk menekankan efek maju pada bagian belakang yang memanjang, dalam memberikan karakter yang lebih agresif dan padat. Ini merupakan salah satu landasan gaya P80/C dari awal proses pengerjaan desain.
Ferrari P80/C Foto: Ferrari

Bentuk irisan mendominasi tampilan samping di bagian depan mobil. Tampilan garang pada bagian depan dan belakang dengan kokpit yang berada diantaranya makin ditegaskan oleh penopang luas yang memanjang ke arah corong udara di bagian samping. Ini memberi kesan bahwa kabin benar-benar menyatu dengan bodi, dan dapat ditekan lebih jauh oleh kaca depan yang mengacu pada tampilan ikonik mobil sport dari seri terdahulu. Penopang juga menyatu ke arah atap yang menampilkan efek visor dari rumah kaca. Semua fitur ini adalah acuan tidak hanya untuk 330 P3/P4 tetapi juga penghormatan kepada Dino dan 250 LM berlinettas.

Bagian jendela-jendela samping menyatu jelas dengan kantong lebar yang dibuat oleh corong udara samping yang memberikan gerakan dinamis ke bawah hingga ke sisi belakang. Garis ini menyeimbangkan sisi depan dan terlihat jelas memisahkan bagian belakang dari keseluruhan bagian mobil.

Dari atas mobil, terlihat jelas bodi mobil lebih besar pada bagian roda depan, kemudian menyempit tajam, menciptakan lekukan garis pada pinggang mobil di sekitar pintu belakang kemudian kembali melebar di bagian ekor mobil. Rangka ikonik ini juga ditegaskan oleh pilar-pilar C penopang yang terlepas secara fisik dari kabin. 
sv
Selain itu, pilar-pilar C juga membungkus corong udara masuk, sedangkan pada sisi lain pilar-pilar juga menonjolkan penurunan yang tajam di antara atap dan permukaan penutup mesin belakang. Jika dibandingkan dengan kelanjutan garis atap yang normal di atas penutup mesin, solusi yang lebih ekstrem ini lebih dipilih karena dapat menciptakan bagian belakang kokpit yang besar dengan kaca belakang vertikal.

Bagian depan mobil memiliki geometri formal catamaran-style. Efek menjorok dari hidung yang mana ditekankan oleh bentuknya yang hampir seperti sayap saling mempengaruhi bagian utama dengan sangat efektif. Ventilasi udara radiator besar terletak tepat di belakang struktur seperti sayap ini dan outlet ini terletak di atas kap depan menggarisbawahi sayap yang terkesan berotot dan kuat.
Fakta bahwa P80/C hanya dihomologasi untuk penggunaan dalam trek, berarti mobil ini dapat digunakan tanpa komponen penting yang ada pada mobil jalan raya, dan yang mana juga akan sangat mempengaruhi gaya penataannya.

Lampu utama klasik dihilangkan, lebih tepatnya telah direduksi menjadi celah kecil di bagian depan mobil yang mengingatkan pada aliran udara pada 330 P3/P4. Berbeda dengan 330, pada P80/C, pengerjaan tidak diarahkan pada tampilan grille oval tetapi lebih terlihat seperti dua kantong yang diukir di bagian depan mobil.



Sumber : OtoDetik

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages