Jangan Terlena dengan Fitur Cruise Control - One99GARAGE

One99GARAGE

OLAHRAGA & OTOMOTIF

Breaking News

test banner

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday 12 March 2019

Jangan Terlena dengan Fitur Cruise Control


One99GARAGE - Fitur pada kendaraan saat ini memang sangat memanjakan. Salah satu fitur yang membuat pengendara nyaman adalah cruise control.

Cruise control ini bisa digunakan di jalan tol yang lancar. Mungkin fitur ini baru bisa dipakai di perjalanan antar-kota melintasi jalan tol.

Cruise control adalah fitur pada kendaraan yang memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas terus-menerus. Misal cruise control di-set di kecepatan 80 km/jam, maka mobil akan melaju di kecepatan itu dalam keadaan konstan. Di beberapa mobil, untuk menonaktifkan cruise control cukup menekan pedal rem maka kecepatan akan berkurang.

"Ini salah satu fitur yang bisa membuat pengemudi lebih nyaman berkendara. Ketika ditahan di kecepatan tertentu baru diaktifin, gas bisa dilepas," kata Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Buat yang belum biasa menggunakan cruise control mungkin akan berbahaya jika tidak tahu cara mengantisipasinya. Jangan sampai ketika kaki pengendara lebih santai karena tak perlu menginjak pedal gas lagi malah membuat terlena.

"Jangan sampai pas pakai cruise control, begitu harusnya ngerem dia sala malah gas yang dia injak karena kaki nggak tahu stand by di mana," sebut Sony.

"Menurut saya balik lagi kepada kita ngenalin kendaraannya, harus memperhitungkan kondisi yang tidak terukur. Kondisi ngerem mendadak, menghindar atau bahkan sering terjadi crosswind (terpaan angin samping). Crosswind itu harus mengurangi kecepatan. Kalau kita mau nginjak rem tapi tan diinjak malah gas, bahaya. Fitur-fitur ini harus benar-benar dipahami bagaimana pengoperasiannya," sambungnya

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages